Kenampakan alam utama di Indonesia

Bukalah atlasmu! Perhatikan peta Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan pulau-pulau lain di Indonesia. Pada peta tersebut kamu akan menjumpai berbagai kenampakan alam seperti sungai, danau, dan gunung. Semua kenampakan alam tersebut digambarkan dalam bentuk simbol-simbol. 

Berikut ini beberapa kenampakan alam utama di Indonesia.
a. Sungai
Di Indonesia terdapat banyak sungai. Sungai dapat dimanfaatkan unutk berbagai macam keperluan. Misalnya untuk irigasi, perikanan, dan sarana transportasi air. Kondisi sungai di pulau-pulau besar seperti Sumatera dan Kalimantan, panjang-panjang dan lebar. Adapun di Pulau Jawa umumnya lebih pendek dan sempit.
Beberapa Kenampakan Alam Utama di Indonesia
b. Danau
Danau adalah genangan air yang sangat luas yang terdapat di daratan. Danau-danau di Indonesia dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu danau alam dan danau buatan. Danau alam adalah danau yang terbentuk oleh peroses alam, sedangkan danau buatan adalah danau yang sengaja dibuat untuk menampung air. Danau buatan ini disebut juga waduk.
Beberapa Kenampakan Alam Utama di Indonesia
c. Gunung
Gunung adalah bagian permukaan bumi yang menonjol berbentuk kerucut dengan ketinggian lebih dari 600 m di atas permukaan laut. Gunung terdapat di setiap provinsi di Indonesia. Beberapa gunung tersebut ada yang aktif (gunung api) dan ada yang tidak berapi.
Beberapa Kenampakan Alam Utama di Indonesia
Simbol pada peta, yaitu :

Simbol pada peta

d Pegunungan
Pegunungan adalah rangkaian gunung yang sambung menyambung. Gunung-gunung dalam suatu pegunungan ada yang aktif dan ada pula yang tidak aktif. Pegunungan umumya terdapat di pulau-pulau besar seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, dan Papua.
Beberapa Kenampakan Alam Utama di Indonesia
e. Teluk
Di Indonesia terdapat banyak teluk. Teluk adalah bagian perairan laut yang menjorok ke daratan. Contohnya Teluk Sibolga di Sumatra Utara, Teluk Banten, Teluk Penyu di Cilacap, dan Teluk Jos Sudarso di Papua.
Beberapa Kenampakan Alam Utama di Indonesia
f. Tanjung
Tanjung adalah daratan yang menjorok ke laut. Contohnya Tanjung Bangsi di Sumatra Utara, Tanjung Pujut di Banten, Tanjung Simbar di Kalimantan Barat, dan Tanjung Bakuku di Sulawesi Tenggara. Pada peta, tanjung sering disingkat Tg.
Beberapa Kenampakan Alam Utama di Indonesia
g. Selat
Selat adalah laut sempit yang terletak di antara beberapa pulau. Nama-nama selat umumnya bengatung pada nama daerah disekitarnya. Misalnya Selat Malaka Selat Sunda, Selat Karimata, dan Selat Makassar. Manfaat selat antara lain sebagai jalur angkutan antarpulau.

Beberapa Kenampakan Alam Utama di Indonesia

0 Response to "Kenampakan alam utama di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel