Panduan Tips Liburan Ke Tabalong

Ratusan sumur minyak terdapat di Kabupaten Tabalong, yang kaya dengan sumber daya alamnya. Eksploitasi minyak bumi di tanah Tabalong sudah dilakukan sejak tahun 1898 oleh perusahaan Belanda. Kabupaten ini terletak di Propinsi Kalimantan Selatan, dengan Ibu Kota Kabupaten di Kota Tanjung. Selain hasil tambang minyak dan batu bara, hasil perkebunan dan pertaniannya juga menjadi komoditas unggulan. Karet, kokoa, kelapa sawit, langsat, cimpedak, madu alam, adalah beberapa di antaranya.
Daerah Tabalong terdiri dari dataran tinggi dan dataran rendah. Pada bagian utara kabupaten dapat terlihat lanskap pegunungan yang merupakan terusan pegunungan Meratus. Sementara pada bagian selatan terlihat lebih rendah dan datar, malah sebagian wilayah berawa-rawa.
Kota Tanjung, yang merupakan Ibu Kota Tabalong, dapat dengan mudah dijumpai karena ditandai oleh cahaya api obor dari gas yang keluar melalui satu tambang minyak bumi. Cahayanya jelas terlihat pada malam hari. Kabupaten Tabalong memiliki motto yaitu Saraba Kawa, yang dalam Bahasa Banjar berarti, “Serba sanggup.”

Sejarah Tanjung Tabalong

Kerajaan Tanjungpuri, adalah cikal bakal berdirinya Kota Tanjung Tabalong. Salah satu versi sejarah menyebutkan bahwa Kerajaan Tanjungpuri ini didirikan oleh bangsa Melayu yang bermigrasi dari Kerajaan Sriwijaya di Pulau Sumatera, ke daerah Tabalong, lalu berbaur dengan masyarakat setempat suku Dayak.
Suku Banjar bermula dari perpaduan Suku Melayu dan Suku Dayak yang terjalin melalui perkawinan. Lambat laun populasi mereka semakin banyak dan perkampungan mereka pun semakin ramai dan berkembang menjadi sebuah pemerintahan kecil bernama Kerajaan Tanjungpuri di area pesisir sungai Tabalong.
Kerajaan Tanjungpuri sangat tersohor karena merupakan pusat perdagangan dan rakyatnya hidup makmur. Bahkan konon, istana kerajaannya berlapiskan emas sebagai simbol kemakmuran kerajaannya. Pada saat itu, Kerajaan Majapahit yang dipimpin Maha Patih Gajah Mada melakukan penyerangan ke Kerajaan Tanjungpuri dengan maksud ingin menyatukan wilayah Nusantara.
Tugu Obor Mabuun salah satu landmark Tabalong via @joecreecord
Tugu Obor Mabuun salah satu landmark Tabalong via @joecreecord
Namun serangan pertamanya gagal sebab Kerajaan Tanjungpuri mendapat bantuan dari Kerajaan Nan Serunai. Tak menyerah, Majapahit pun melancarkan serangan kedua dua tahun kemudian, tapi karena kekuatan kedua kerajaan sama sehingga mereka memutuskan untuk berdamai.
Tapi peperangan terlanjur menghancurkan infrastruktur Kerajaan Tanjungpuri sedemikian parah, sehingga berakibat perdagangan mati dan pusat pemerintahan harus dipindahkan dari Tanjung ke Kuripan yang lantas dikenal dengan Kerajaan Kuripan. Kerajaan Kuripan kemudian menjadi Kerajaan Dipa.
Nama Tabalong bermula dari sebuah legenda yang tersebar secara lisan di kalangan penduduk setempat, tentang para pengrajin hutan yang kakinya terinjak duri Tataba, sejenis tanaman pohon berduri, saat hendak berburu ladang dan huma. Para pengrajin hutan berteriak menjerit kesakitan. Nah, menurut Bahasa Banjar Hulu, “Jerit” disebut Tahalulung atau melolong. Menjerit akibat tertusuk duri Tataba, yang lantas muncul julukan Tabalong.

Cara Pergi ke Tanjung Tabalong

Akses menuju Kota Tabalong dapat ditempuh melalui dua jalan alternatif, yaitu darat dan udara. Jika melalui jalur darat dari Banjarmasin, diperlukan waktu sekitar 7 jam untuk tiba di kota ini. Waktu yang sama sekitar 7-8 jam juga ditempuh jika bertolak dari Balikpapan, padahal jaraknya hanya sekitar 300 kilometer. Hal ini disebabkan medan jalanan wilayah Tanjung didominasi pegunungan dan perbukitan, serta sarana jalan penghubung di beberapa tempat masih kurang memadai.
Misalkan Anda dari Banjarmasin, cukup membayar Rp. 50.000 untuk naik mobil Colt L300 jurusan Banjar – Tanjung. Jika memilih menggunakan mobil travel minibus berkapasitas penumpang 5 orang, Anda dikenakan biaya Rp. 150.000. Dalam perjalanan menuju Tanjung, Anda bisa singgah di Pasar Intan Martapura untuk membeli cinderamata khas Kalimantan.
Jika ingin lebih cepat sampai, Anda bisa memilih naik pesawat terbang dari Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin, menuju Bandara Warukin, bandara kecil di Kota Tanjung yang dekat dengan daerah pertambangan. Sesampainya di Bandara Warukin, Anda bisa lanjut menyambung taksi ke Kota Tanjung.
Namun taksi kerap mematok harga yang sangat mahal untuk mengantar Anda, jadi untuk hematnya, Anda bisa berjalan keluar area parkir dan mencari tukang ojek untuk mengantar Anda ke pangkalan angkutan umum khusus tujuan Tanjung. Naik ojek paling mengeluarkan ongkos Rp. 15.000, dan naik angkutan umum Colt L300 hanya Rp. 55.000, totalnya tidak sampai Rp. 80.000.
Penerbangan rute Tanjung – Balikpapan baru secara resmi dibuka pada Tanggal 24 Nopember 2015 di Bandar Udara Warukin. Rute penerbangan ini melayani penerbangan Tanjung – Balikpapan dan sebaliknya sebanyak tiga kali dalam sepekan, dengan tarif tiket Rp. 571.700 – Rp. 801.600 dari Balikpapan ke Tanjung, dan Rp. 450.000 – Rp. 660.000 dari Tajung ke Balikpapan. Tersedia juga tiket travel dari Balikpapan menuju Tabalong menggunakan mobil Innova, dengan biaya Rp. 250.000.

Transportasi Umum di Tanjung Tabalong

Transportasi umum atau angkutan umum di daerah Kalimantan memang terbatas, sehingga untuk melakukan kunjungan wisata atau bisnis pilihannya mungkin hanya menggunakan taksi, mobil sewa, atau mobil travel. Namun, harga-harga yang ditawarkan jasa rental mobil atau sewa kendaraan lumayan tinggi yaitu sekitar Rp. 850.000 sampai satu juta per sekali jalan. Itu pun menggunakan mobil standar Toyota Avanza atau Innova.

Hotel di Tanjung Tabalong

Terdapat hotel mewah berbintang empat dan berlokasi strategis di Tanjung Tabalong. Hotel ini menyediakan fasilitas hiburan live, lounge, coffee shop, antar jemput bandara dan parkir valet.
Jenis kamarnya pun terbagi atas tiga tipe kamar mulai dari harga sekitar Rp. 600.000 hingga Rp. 1.200.000 per malam. Selain itu ada juga hotel berbintang dua yang memasang tarif kamar sekitar Rp. 400.000 per malam. Berikut daftar hotel di Tanjung Tabalong yang bisa anda inapi:
  • Jelita Tanjung Hotel, Jalan IR.P.H.M. Noor No 1A , Tabalong, Indonesia, 71571
  • Aston Tanjung City Hotel, Jalan Mabuun Raya Murung Pudak , Tabalong, Indonesia, 71571

Iklim di Tanjung Tabalong

Kabupaten Tabalong memiliki iklim tropis. Dengan kelembaban udara rata-rata per bulan 88 – 92 persen, dan temperatur udara rata-rata per bulan antara 21 – 30 derajat celcius.

Bahasa Daerah di Tanjung Tabalong

Masyarakat di Kabupaten Tabalong menuturkan bahasa rumpun Dayak, seperti Bahasa Maanyan, Bahasa Dayak Dusun Deyah, Bahasa Lawangan, dan Bahasa Banjar dengan dialek Tanjung, dialek Tanta, dan dialek lainnya.

Tempat Wisata di Tanjung Tabalong

Tempat tujuan wisata di Kabupaten Tabalong terbilang cukup banyak, ada wisata alam, wisata buatan, wisata budaya dan sejarah, wisata religi, juga wisata adat.
Wisata Air Terjun Lano merupakan salah satu tempat wisata di Tanjung Tabalong via @annisarach_
Wisata Air Terjun Lano merupakan salah satu tempat wisata di Tanjung Tabalong via @annisarach_

1. Air Terjun Lano

Anda bisa mencapai air terjun Lano dengan perjalanan sekitar dua jam dari pusat Kota Tanjung Tabalong, dengan jarak tempuh sekitar 70 km. Lokasi air terjun ini terletak di Desa Lano, Kecamatan Jaro, yang jaraknya kurang lebih dua kilometer dari jalan penghubung Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.
Kapan kamu main ke Air Terjun Lano di tabalong via @alisabak15
Tiba di depan gerbang masuk wisata Air Terjun Lano saja sudah terasa misterius, dari sini Anda harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak dan melewati sungai kecil. Tanahnya berbukit-bukit, pemandangan alamnya pun menarik dengan keindahan hutan alami. Air terjun yang mengalir di atas tebing berketinggian sekitar 17 meter ini akan membuat Anda berdecak kagum pada saat menemukannya.

2. Danau Undan

Danau yang dianggap keramat oleh sebagian masyarakat Desa Talan ini dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan. Desa Talan adalah nama sebuah desa yang terletak di Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong.
Danau yang konon banyak dihuni buaya dan ular besar ini menyimpan cerita-cerita angker, misal dahulu kala pernah kejadian ada seorang petapa yang ditelan ular naga sekaligus dengan perahunya, entah apakah ular atau buaya raksasa. Berdasarkan cerita inilah asal muasal nama Desa Talan, yang dalam Bahasa Banjar berarti telan.
Danau Undan airnya tenang dan dalam, ikannya banyak dan terdapat berbagai spesies ikan yang mungkin hanya dapat Anda temukan di Kalimantan. Jika ingin memancing, Anda perlu menggunakan sampan karena tepian danau banyak ditumbuhi tanaman pandan dan berawa.

3. Gua Liang Kantin Yang Penuh Stalaktit Dan Stalakmit

Gua Liang Kantin bersembunyi di kaki Gunung Batu Kumpai di Desa Gendawang, Kecamatan Muara Uya. Jaraknya kurang lebih 52 Km dari pusat Kota Tanjung, dan jalan masuknya sejauh dua kilometer dari jalan utama Kaltim – Kalsel. Daya tarik gua ini adalah adanya stalaktit dan stalakmit yang tercipta sangat indah di dalamnya. Nama Liang Kantin pun terambil dari legenda rakyat, selain pemandangan bentuk batu-batuan dan ruang guanya nampak mirip sebuah kantin.

4. Hutan Perawan Di Sungai Salikung

Sebuah objek wisata sungai yang berlokasi di Desa Salikung, Kecamatan Muara Uya, yang menawarkan pemandangan hutan belantara dan batu-batu tebing menjulang tinggi. Jarak Desa Salikung dari pusat kota adalah sekitar 88 kilometer.

5. Beristirahat Di Danau Tanjung Puri

Letaknya di Desa Kasiau, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong. Wisata danau ini dilengkapi berbagai fasilitas rekreasi keluarga seperti penginapan, pondok peristirahatan, saung-saung, tempat bermain anak, camping ground, jembatan, dan restoran. Dibutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk tiba di tempat ini jika Anda datang dari pusat Kota Tanjung dengan bersepeda motor. Jarak tempuhnya kurang lebih 16 kilometer.

6. Riak Air Riam Kinarum

Objek wisata yang terletak di Desa Kinarum ini terkenal dengan keindahan riak airnya yang mengalir melintasi bebatuan ampar yang luas. Namun, karena di sini rawan terjadi banjir bandang maka kini tidak lagi disarankan untuk berwisata ke sungai tersebut. Curah hujan di daerah ini juga tergolong tinggi, dan kontur tanahnya gampang tererosi. Lokasi Sungai Kinarum berjarak 45 kilometer dari pusat Kota Tanjung, dan sekitar 6 kilometer dari Kecamatan Upau.

7. Air Terjun Mambanin

Destinasi ini mungkin merupakan tempat wisata air terjun termuda yang terakhir ditemukan. Lokasinya berdekatan dengan Sungai Kinarum. Untuk menuju air terjun ini diperlukan persiapan fisik dan mental seorang petualang karena medan penelusurannya cukup berat. Namun, panorama alam di sekitar air terjun ini tak kalah menarik dengan beberapa air terjun lainnya yang sudah lebih dikenal.

8. Taman Kota Bersinar

Taman yang menjadi ikon kebanggaan masyarakat Tabalong ini terletak di pusat Kota tanjung. Terdapat arena bermain anak dan di tengah tamannya dikelilingi relief-relief yang mengisahkan tentang sejarah peperangan di Kabupaten Tabalong sejak dulu hingga sekarang.

9. Temuan Prasejarah di Gua Babi.

Situs Gua Babi dinilai sangat penting karena dapat menguak pemanfaatan gua sebagai sarana tempat tinggal yang selama ini belum pernah ditemukan di Kalimantan, yang pernah terjadi di masa akhir Kala Plestosen dan awal Kala Holosen, sekitar 10.000 tahun yang silam.
Ciri budaya yang berhasil diidentifikasi adalah pemanfaatan gua untuk pemukiman, dengan berbagai temuan peninggalan yang mengacu pada ciri tingkatan teknologi mesolitik (teknologi batu madya) dan neolitik (teknologi batu muda).
Situs ini terletak di desa Randu, Kecamatan Muara Uya, kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Gua Babi merupakan salah satu gua dari sekitar 45 gua yang ada pada pegunungan karet di Desa Randu di kaki barat pegunungan Meratus. Melalui hasil penelitian Balai Arkeologi Banjarmasin inilah maka Gua Babi dikategorikan sebagai Benda Cagar Budaya (BCB) yang dilindungi oleh UU No. 5 Tahun 1992.

10. Gua Liang Tapah

Gua Liang Tapah yang lokasinya berada di Desa Jaro, Kabupaten Tabalong via @id.bangkit
Gua Liang Tapah yang lokasinya berada di Desa Jaro, Kabupaten Tabalong via @id.bangkit

Tempat Belanja di Tanjung Tabalong

  • Mini Market Borneo terletak di Jl. Basuki Rahmat, Tanjung Tengah
  • Mini Market Cendrawasih terletak di Jl. Cendrawasih, Tanjung
  • Aksamart terletak di Jl. Kenanga, Seberang Terminal Barunak
  • Mini Market Karmina terletak di Kompleks Pertamina, Murung Pudak
  • Mini Market Barunak terletak di Jl. Kenanga, Seberang Terminal Barunak
  • Pasar Tanjung terletak di Jl. Putri Zaleha, Tanjung, Kalimantan Selatan

Museum di Tanjung Tabalong

Islamic Center Tanjung Tabalong merupakan sebuah bangunan masjid bergaya arsitektur masa depan yang berdiri megah. Lima menara yang mengelilinginya menambah kemegahan bangunan masjid tersebut. Konsep kompleks bangunannya luas terbuka dan nyaman, tapi sayangnya belum banyak pohon-pohon besar yang tumbuh sehingga terkesan gersang di siang hari. Namun pada malam hari kemegahan masjid ini akan berlipat ganda oleh keindahan lampu-lampu sorotnya. Lokasi Islamic Center ini terletak di Desa Maburai, Kec.Murung Pudak, Tabalong 71571.

Hiburan Malam di Tanjung Tabalong

  • Inul Vizta, Jl Raya Mabuun, No. 1, Tanjung Tabalong, Kalimantan Selatan
  • House, CafĂ©, Bistro, and Coffee Shop, Jln. Flamboyan Raya 31A (Murung Pudak), Tanjung Kab. Tabalong, Kalimantan Selatan 71571

Rekomendasi Kuliner Tempat Makan di Tanjung Tabalong

Berikut ini adalah rekomendasi kuliner khas Tabalong dan beberapa tempat makan di Tabalong yang direkomendasikan untuk dicoba.

Gangan Paliat, Kuliner Khas Urang Tabalong

Gangan Paliat Khas Urang Tabalong adalah nama masakan khas daerah yang berasal dari Desa Kelua.Makanan yang berbahan dasar ikan baung inii dibumbui dengan rempah-rempah, dimasak dengan santan kental dan dilengkapi lalapan kacang panjang, daun singkong dan sambal terasi.
Gangan Paliat bukan satu-satunya makanan yang terkenal di Kalimantan Selatan, masih ada teman-temannya yang khas seperti ketupat kandangan, apam barabai, dan itik panggang dari Amuntai.
Ada dua tempat terkenal yang menjajakan Gangan Paliat di Kabupaten Tabalong, yaitu di Tanjung tepatnya pasar Murung Pudak, dan di Kelua. Gangan dalam Bahasa Banjar berarti sayur. Sedangkan Desa Paliat sendiri berada 18 kilometer dari Ibukota Tabalong, Kota Tanjung.
Makanan ini bisa ditemukan antara lain di kawasan Terminal Transit Regional Desa Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, pada Hari Jumat dan Sabtu. Sedangkan Sabtu sampai Kamis di Pasar Kelua, lalu Senin di Tamiyang Layang, Kalimantan Tengah.

Beberapa pilihan tempat makan di Tanjung Tabalong:

  • RM. Kalijo – Jl. Ir. PHM Noor, Tanjung
  • Rumah Makan Pondok Asian Bakar – Jl. Maburai, Tanjung
  • D’Star (Burger & Fried Kitchen) – JI. Ir. PHM Noor, Tanjung
  • RC Boy Fried Chiken – Jl. Ir. PHM Noor, Tanjung
  • Rumah Makan Padang Bundo – Seberang Hotel Indiana, Tanjung
  • Rumah Makan Padang Sederhana – Samping Dealer Trio Motor Honda
  • Pusat Jajanan Barunak – Terminal Barunak, Tanjung
  • Latansa – Bangun Sari Depan Polsek Murung Pudak
  • Rumah Makan Padang Minang – Simpang 4, Tanjung Selatan
  • RM HG – Samping Kantor Polres Tabalong
  • AGM (Ayam Goreng Mega) – Jl. Ir. PHM. Noor, Tanjung
  • Ayam Goreng Maya – Jl. Ir. PHM Noor, Tanjung
  • Depot Merry – Selongan, Tanjung
    RM Inna Enni – Selongan, Tanjung
  • RM Pondok Jawi – Jl. Tanjung Puri, Tanjung
  • RM Banyuwangi Hikun – Jl. Basuki Rahmat, Tanjung
  • Ayam Bakar Wong Solo – Jl. Mabuun Raya (Depan Gedung DPRD), Kabupaten Tabalong
  • Coto Makassar RM Fadhella – Jl. Penghulu Rasyid, Tanjung, Tabalong, Kalimantan Selatan
  • RM Laris Manis – Jl. Ir. P.H.M Noor (Seberang Polres), Tanjung, South Borneo
  • RM Khrisna Cabang Surabaya – Jl. Ir. P.H.M. Noor (Pembataan), Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan
  • RM Dapur Ichank – Simpang Empat, Samping BRI (Murung Pudak), Tanjung, Kalimantan Selatan
  • Inna Inny Nasi Kuning – Jl. Ir. P.H.M. Noor, Tanjung – Tabalong, Kalimantan Selatan
  • Wong Solo Tanjung – Mabuun, Murung Pudak, Tabalong, Kalimantan Selatan
  • RM. Paliat Hj. Mariam – Terminal Mabuun, Tanjung tabalong, Kalimantan Selatan 71571
  • Pondok Ikan Bakar Asian – Jl. Propensi Tanjung Tabalong (MABURAI), Telepon (0526) 2022898 / 081349541668

Tips Liburan di Tanjung Tabalong

  • Carilah informasi mengenai agenda penyelenggaraan event daerah di dinas pariwisata setempat sebelum berkunjung ke Tanjung Tabalong, karena pemerintah daerah kerap menyelenggarakan berbagai pagelaran atau festival daerah. Anda mungkin beruntung jika bisa menyaksikannya.
  • Lindungi diri Anda dari sinar matahari yang menyengat dengan topi, sunblock, maupun kacamata UV.
  • Karena harga akomodasi di tempat ini terbilang mahal, maka persiapkan budget Anda matang-matang sebelum berkunjung.
  • Berkunjunglah di musim sepi pengunjung bila mungkin, karena biasanya harga tiket pesawat yang ditawarkan bisa lebih murah atau bahkan bisa mendapatkan harga promo.
  • Pakailah pelindung anti serangga seperti lotion anti serangga untuk menghindari Anda dari gigitan serangga. Sebab tempat-tempat tujuan wisata sebagian besar berada di alam terbuka.

Rumah Sakit di Tanjung Tabalong

  • RS Pertamina, Tanjung Kab Tabalong
  • RSUD H. Badaruddin/Tanjung, Jl. Jaksa Agung Suprapto Tanjung, Tabalong 71513, Telepon 0526 2022651 Fax. 0526 2022651, Email: rsuhb.tanjung@gmail.com
Sumber : https://pergimulu.com/panduan-tips-pergi-liburan-ke-tanjung-tabalong/

0 Response to "Panduan Tips Liburan Ke Tabalong"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel