Pengertian, Ciri-Ciri Kata Kerja (Verba) Dan Contohnya

Pengertian, ciri-ciri kata kerja (verba) adalah pembahasan utama materi pelajaran bahasa indonesia yang akan dibahas dengan lengkap pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Kata Kerja (Verba) yang akan uraikan yakni sebagai berikut :

1. Pengertian kata kerja (verba).
2. #2 jenis kata kerja (verba).
3. Ciri-ciri kata kerja (verba).
4. Contoh kata kerja (verba).

Pengertian kata kerja (verba)

Kata kerja atau disebut juga dengan verba adalah suatu kata yang berfungsi untuk menjelaskan tentang suatu aktifitas atau suatu perbuatan/ kegiatan yang dilakukan oleh seseorang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa definisi kata kerja (verb) adalah kata yang memiliki fungsi untuk menjelaskan dan menunjukkan suatu tindakan seseorang (subjek).

#2 jenis kata kerja (verba)

Didalam kata kerja, kemudian terbagi menjadi dua macam atau dua jenis. Adapun #2 macam/jenis kata kerja (verba) adalah antara lain kata kerja transitif dan kata kerja intransitif, berikut penjelasannya :

1. Pengertian kata kerja transitif
Definisi kata kerja transitif adalah suatu kata kerja yang memerlukan (membutuhkan) suatu objek untuk menjelaskan tentang apa yang tertera pada predikat suatu kalimat. Contoh kata kerja transitif adalahsebagai berikut :

Contoh kata kerja transitif
a. Ayah membeli mobil. (S - P - O)
b. Ayah mencuci sandal. (S - P - O)
c. Ayah menjemur sepatu. (S - P - O)
d. Ayah mendorong gerobak. (S - P - O)
Keterangan :
S : Subjek
P : Predikat
O : Objek

Pada 4 contoh kata kerja transitif diatas maka, kata “Ayah” berperan sebagai subjek (S) pada kalimat, kemudian kata “Membeli, Mencuci, Menjemur dan Mendorong” berperan sebagai predikat (P) pada kalimat dan kata “Mobil, Sandal Sepatu dan Gerobak” berperan sebagai objek (O) pada kalimat. Fungsi objek adalah untuk menjelaskan predikat pada kalimat, karena tanpa objek maka kalimat tersebut akan menjadi terasa janggal.

Berdasarkan dari bentuknya, kata kerja transitif kemudian dibedakan menjadi dua bagian yakni antara lain sebagai berikut :
#1. Kata kerja transitif berimbuhan.
#2. Kata kerja transitif tidak berimbuhan.
2. Pengertian kata kerja intransitif
Definisi kata kerja intransitif adalah suatu kata kerja yang tidak memerlukan (membutuhkan) suatu objek. Didalam kalimat berpredikat, kata kerja intransitif tidak membutuhkan atau tidak memerlukan kata tambahan untuk mencapai kalimat yang diinginkan (dituju). Namun, kita tetap bisa menambahkannya sebagai suatu unsur keterangan (pelengkap). Contoh kata kerja intransitif adalah sebagai berikut :

Contoh kata kerja intransitif
a. Ayah tidur. (S-P)
b. Ayah melamun. (S-P)
c. Ayah merenung. (S-P)
d. Ayah bernyanyi. (S-P)
Keterangan :
S : Subjek
P : Predikat
Apabila ingin menambahkan kata pelengkap untuk melengkapi kalimat, bisa juga dilakukan. Misalnya adalah seperti berikut :
a. Ayah tidur lelap. (S-P-Pelengkap)
b. Ayah melamun di teras. (S-P-K)
c. Ayah merenung di kamar. (S-P-K)
d. Ayah bernyanyi di toilet. (S-P-K)
Demikian pembahasan mengenai pengertian, ciri-ciri kata kerja (verba).

0 Response to "Pengertian, Ciri-Ciri Kata Kerja (Verba) Dan Contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel