Pengertian Dan Manfaat Untuk SEO

Apa Itu Backlink - Pengertian Dan Manfaat Untuk SEO

Apa Itu Backlink – Pengertian Dan Manfaat Untuk SEO

Mungkin saat ini Anda sedang mempertanyakan “Apakah yang dimaksud dengan backlink? Kegunaan Backlink untuk SEO, ataupun bermacam-macam fungsi lain dari backlink.” Oke, pada pembahasan ini kita akan membahasnya secara menyeluruh.
Backlink adalah ketika sebuah website menautkan sebuah hyperlink ke website lain. Masih bingung? Backlink dapat di ilustrasikan seperti skenario berikut ini.
internal link dan external link

Website A membuat konten mengenai “cara membuat donat” pada artikel tersebut si penulis ingin mereferensikan link “harga tepung” yang didapatnya di website B. Jadi Si Penulis melakukan backlink ke website B.
Jika Anda ingin memahami struktur backlink Anda dapat melihat sample kode berikut ini:
Jadi format backlink sendiri merupakkan sebuah bahasa HTML pada website.
Jadi pada dasarnya backlink merupakan suatu metode dimana si pemilik/user/pengguna website mereferensikan link / tautan yang diarahkan kepada website lain.

Apakah perbedaan dari backlink (external link) dengan internal link

Ada perbedaan besar dianatara keduanya dalam bentuk value atau nilai, apakah yang berbeda? Mari simak uraian dibawah ini.

A.      External link (Backlinks)

Merupakan link / tautan yang mengarah ke website lain. Faktanya adalah banyak ahli SEO mengatakan bahwa external linking merupakan suatu metode yang sangat penting dalam membantu suatu website mendapatkan rangkin power (Dorongan agar suatu halaman website mendapatkan halaman 1 Google)
External link memiliki “Juice link” (kekuatan peringkat) berbeda dari internal link karena mesin telusur  seperti Google, Yahoo, dan Bing, dll menganggapnya sebagai rekomendasi dari pihak lain untuk mempercayai bahwa link tersebut relevan.

B.      Internal Link

Link Internal adalah hyperlink yang menunjuk pada (target) domain yang sama dengan domain yang ada pada link (sumber). Dalam istilah awam, tautan internal adalah tautan yang mengarah ke laman lain di situs web yang sama.
Contoh kode
<a href=”http://www.domain-yang-sama.com/” title=”Keyword Text”> Teks Kata Kunci </a>
Pada dasarnya internal link juga berpengaruh untuk upaya SEO, yaitu dengan selalu menautkan konten yang terkait kedalam artikel website atau halaman web. Hal ini dapat membantu Search Engine dalam meng-crawl atau menganalisa banyaknya halaman pada situs Anda.
Spider robot google menelusuri internal link
Pada contoh di atas, laba-laba berwarna Google telah mencapai halaman “A” dan melihat tautan internal ke halaman “B” dan “E.” Namun, halaman C dan D ada di situs ini, namun laba-laba ini tidak memiliki cara untuk mencapainya – atau bahkan tahu itu bahwa halaman itu ada – karena tidak ada tautan langsung / internal linking yang mengarah ke halaman tersebut.
Jadi Internal link juga harus mulai Anda pertimbangkan. 
Setelah Anda mengerti bagaimana external linking dan internal linking bekerja, maka sekarang adalah saatnya untuk memahami mengapa external linking harus patut untuk Anda upayakan.

Mengapa backlink sangatlah penting?

Seperti yang Saya ulas diatas bahwa backlink sangatlah berharga untuk upaya SEO karena mereka mewakili “vote of confidence” dari satu situs ke situs lainnya.
Intinya, backlink ke situs Anda adalah sinyal ke mesin pencari yang lain yang memberikan jaminan bahwa konten Anda bagus, relevan, dan juga dapat membantu mereka. Jika banyak situs yang menautkan link ke halaman yang sama, mesin telusur dapat menyimpulkan bahwa konten tersebut layak ditampilkan pada halaman pertama pada keyword yang berhubungan.
Jadi, mendapatkan backlink dapat memberikan efek positif pada posisi peringkat suatu situs website dalam hal visibilitas pencarian.

Buatlah backlink dengan anchor text yang relevan

Anchor Text merupakan  teks yang terlihat dan dapat diklik dalam hyperlink. Di browser, anchor text terlihat berwarna biru dan seringkali digarisbawahi, seperti Link ini yang mengarah ke halaman beranda IndonesiaGoDigital.
Menurut para pakar SEO anchor text merupakan faktor yang mempengaruhi SERP (Search Engine Rangking Point). Dimana mesin pencari akan menilai keakuratan nformasi antara link dengan anchor textnya. Anchor text memiliki beberpa tipe yaitu: exact match, partial-match, branded, naked link, generic, dan images. Untuk penjelasannya Anda dapat melihatnya disini tentang Anchor Text.

Bagaimana mendapatkan backlink

Menghasilkan backlink merupakan elemen penting dalam optimasi SEO Off-Site, maksudnya adalah bahwa Backlink sangat berperan penting dalam upaya SEO. Proses mendapatkan link ini dikenal sebagai link earning atau link building.
Beberapa backlink memiliki skor atau nilai yang berbeda-beda tergantung pada darimana backlink itu berasal. Backlink dapat dinilai berharga apabila situs si pemberi backlink terpercaya atau terkenal. Backlink dari situs tersebut dapat dinilai lebih berharga daripada yang lain.
Backlink tersebut dapat dengan mudah diindikasikan dengan software seperti MozBar, Website dengan otoritas tinggi dianggap sebagai backlink yang paling layak untuk Anda peroleh, sementara backlink dari situs dengan otoritas rendah dan berpotensi spam biasanya memiliki dorongan yang sedikit bahkan dapat menimbulkan website Anda terindikasi Spam juga. Jadi jangan berhati-hatilah dalam menghasilkan backlink.
moz bar.

Apa maksud dari link DO-FOLLOW dan NO-FOLLOW?

Mungkin Anda saat ini bertanya-tanya apasih maksudnya do-follow dan no-follow. Tenang disini Saya juga akan menjelaskannya secara tuntas.
Pada dasarnya setiap hyperlink standarnya memiliki atribut do-follow, namun beberapa situs merasa bahwa atribut ini tidak semudah itu untuk didapatkan. Jadi beberapa forum atau situs chatting membuat agar hyperlink tersebut berlabel no-follow.

no folow dan do follow
Apasih bedanya do-follow dan no-follow, bedanya adalah hyperlnk dengan do-follow dapat memberikan dorongan authority atau otoritas pada situs Anda sedangkan no-follow mencegah agar hyperlink tersebut mendapatkan otoritas dari website miliknya.
Jadi link dengan nilai do-follow merupakan situs yang harus kita dapatkan backlinknya dan no-follow untuk dihindari karena tidak menghasilkan apa-apa? , namun berkata demikian tidak sepenuhnya betul. Nilai nofollow link dari situs berkualitas tinggi bahkan disebutkan  dapat memberikan dorongan pada situs Anda.
Sama halnya seperti beberapa backlink yang Anda dapatkan lebih berharga daripada yang lainnya, tautan yang Anda buat ke situs lain juga berbeda-beda nilainya.

Kesimpulan

Semua Website membutuhkan backlink untuk meningkatkan relevancy skor mereka  dan mereka yang paham akan hal ini akan terus mencoba untuk mendapatkan backlink setiap harinya.
Juga cobalah untuk mendapatkan backlink dari situs-situs besar bahkan dari situs berdomain .gov atau situs pemerintahan, perhatikan relevansi situs Anda dengan situs mereka, dan juga hindarilah mendapatkan backlink dari situs yang terindikasi spam. Anda dapat mengechecknya dengan MOZbar pada spam skornya.
Cara yang paling mudah adalah dengan mengemail beberapa pemiliki bisnis, katakan kepada mereka “bahwa Anda memiliki artikel yang berkualitas dan senang rasanya apabila Anda dapat merefrensikan artikel Saya ini.”
Bangun relasi dengan mereka yang berada di Industri yang sama dengan Anda, dan pastikan Anda terus membuat konten yang berkualitas, dan berguna untuk orang banyak,  hal ini memungkinkan Anda  akan mendapatkan backlink otomatis dengan sendirinya tanpa harus Anda minta, apabila konten Anda bagus, maka orang-orang akan senang untuk menyertakan link Anda pada website mereka.
Semoga artikel ini berguna untuk Anda, dan setelah membaca ini seharusnya Anda harus memulai mendapatkan beberapa backlink berkualitas untuk situs yang Anda ingin optimasi.
Sampai jumpa di lain waktu. Jangan lupa untuk mereferensikan artikel ini ya di website Anda….

0 Response to "Pengertian Dan Manfaat Untuk SEO"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel