Pengertian keputusan bersama.

Keputusan adalah segala putusan yang telah ditetapkan atau disetujui. Siapa pun yang terikat dan terkait dengan hasil keputusan harus menaatinya. Sebuah keputusan bisa dibedakan yaitu keputusan pribadi dan keputusan bersama. Keputusan pribadi adalah keputusan yang dibuat sendiri dan untuk kepentingan diri sendiri. Keputusan pribadi hanya berlaku untuk diri sendiri. Contoh keputusan pribadi bisa berupa setuju atau tidak setuju membeli barang atau hadiah yang akan diberikan dengan teman. Keputusan berangkat sekolah dengan berjalan kaki atau naik sepeda juga termasuk keputusan pribadi. Dapatkah kalian memberi contoh yang lain?

Pengertian Keputusan Bersama

Selain keputusan pribadi ada juga keputusan bersama. Keputusan bersama adalah segala sesuatu yang telah disepakati bersama untuk dijalankan bersama. Keputusan bersama dibuat jika keputusan tersebut menyangkut kebutuhan orang banyak. Hasil keputusan bersama menjadi tanggung jawab bersama. Jika tidak ditaati, akan mendapatkan sanksi yang sudah disahkan bersama juga.

Bacalah cerita di bawah ini!
Ada sebuah sekolah SD yang terkena banjir. Walaupun banjir telah surut, tapi masih meninggalkan bekas lumpur. Meja, kursi, dan peralatan sekolah menjadi kotor dan penuh lumpur. Peralatan sekolah tersebut tidak bisa digunakan karena kondisinya masih kotor. Untuk mengatasi hal tersebut, para siswa bermusyawarah dengan dipimpin guru. Dari musyawarah tersebut, diperoleh keputusan bersama. Mereka sepakat untuk membersihkan lingkungan sekolah dan bangku-bangku secara bersama-sama. Semua siswa melaksanakan hasil keputusan bersama dengan senang hati. Ada siswa yang mengepel kelas, ada yang menjemur buku-buku, ada pula yang membersihkan meja dan kursi dari lumpur. Mereka bekerja dengan penuh tanggung jawab.
Akhirnya mereka selesai bekerja bakti. Sekolah sudah menjadi lebih bersih. Buku-buku yang dijemur sudah mulai kering. Bangku dan kelas sudah tidak berlumpur lagi. Mereka bisa masuk kelas dan mulai belajar lagi.

Cerita di atas menunjukkan bahwa seluruh siswa telah melaksanakan keputusan bersama.

Kita hendaknya menyadari bahwa keputusan bersama adalah untuk kepentingan bersama. Kesadaran untuk melaksanakan keputusan bersama sangat penting demi persatuan, kesatuan, dan kesejahteraan bersama. Oleh karena itu, keputusan bersama yang diambil hendaknya sesuai dengan kehendak dan harapan bersama.

0 Response to "Pengertian keputusan bersama."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel