Pengertian Manajemen Strategi dan Kebijakan Bisnis



Kebijakan atau policy  dalam suatu organisasi merupakan pedoman umum untuk melakukan kegiatan maupun keputusan dari orang-orang yang ada dalam organisasi tersebut. Kebijakan biasanya berupa suatu pernyataan yang bisa mempedomani anggota organisasi tentang bagaimana hendaknya mereka bertindak dalam situasi tertentu.


     Menurut Christensen, Andrews dan Bower (1973) Kebijakan bisnis merupakan suatu studi tentang fungsi dan tanggung jawab pimpinan umum perusahaan  serta problema yang mempengaruhi karakter  dan keberhasilan perusahaan secara keseluruhan.
   Istilah strategi menurut Mintzberg dan Quinn (1991) merupakan pola atau rencana yang mengintregasikan tujuan utama organisasi, kebijakan maupun tindakan-tindakan ke dalam suatu keterkaitan secara terpadu. Suatu strategi yang baik diharapkan mampu membantu mengintregasikan berbagai kepentingan. Bagi kepentingan internal organisasi, strategi diharapkan mampu membantu pendayagunaan dan pengalokasian sumber daya organisasi. Sedangkan bagi kepentingan eksternal organisasi, suatu strategi diharapkan mampu mbantu untuk mengantisipasi perubahan lingkungan. Roda organisasi hendaknya maju seiring dengam perkembamgan lingkungannya.
    Pentingnya berfikir secara strategis menurut Thomson & Strickland (1997) akan membuat suatu kebiasaan untuk melatih krjelian pandangan mata untuk melihat ke luar pada kebutuhan konsumen, peluang baru, dan posisi bersaing sebagaimana kejelian kita dalam melihat operasi yang ada dalam perusahaan. Dengan berfikir secara strategis berarti para pimpinan organisasi perusahaan akan memiliki arah yang jelas ke mana menjalankan roda perusahaan. Para manajer senior memiliki visi atau wawasan jauh ke depan tentang perubahan yang harus dihadapi. Merela memyadari pentingnya ketrampilan kewiraswastaan yang senantiasa peka atau kepentingam konsumen, kecenderungan  pasar maupun pencarian peluang baru. Mereka mempunyai komien tinggi untuk merumuskan dan mengimplemasikan rencana strategis  yang paling tepat  sehingga kinerja perusahaan mampu meraih keunggulan dalam posisi persaingan.

    Dalam kebijakan bisnis problema yang dipertimbangkan dan asumsi pandangan dalam menganalisis problema mrnjadi tugas pokok dari para eksekutif. mereka ini memiliki tanggung jawab penuh atas perusahaan secara keseluruhan.
Pentingnya makna strategi perusahaan menurut Supriyoni (1986) bisa dirinci sebagai berikut:

1. Strategi merupalan cara untuk mengantisipasi masalah-masalah dan kesempatan2  masa depan pada kondisi lingkungan perusahaan yang berubah dengan cepat.

2. Strategi dapat memberikan tujuan dan arah masa depan perusahaan dengan jelas kepada semua karyawan.

3. Pada saat ini, strategi banyak dipraktikan di dalam industri karena membuat tugas para eksekutif puncal lebih midah dan kurang beresiko

4.Strategi adalah kacamata yang bermanfaat untuk memonitor apa yang dikerjakan dan terjadi di dalam perusahaan, dapat memberikan sumbangan terhadap  kesuksesan/kegagalan perusahaan.
5. Memberikan informasi kepada manajemen puncak  di dalam merumuskan tukuan akhir dari perusahaan dengan memperhatikan etika masyarakat dan lingkungannya.

6. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi dapat membantu praktik2anajer.
7. Perusahaan yang menyusun strategi pada umumnya lebih efektif dibandingkan dengan perusahaan yang tidak menyusun strategi.

  Definisi strategi menurut beberapa pakar. Menurut pendapat Ansoff (1965) strategi disebut juga sebagai konsep bisnis perusahaan dalam arti sebagai aturan untuk membuat keputusan dan penentuan garis pedoman. Sedangkan menurut pendapat Chandler(1962) yang dimaksud strategi penentuan dasar sasaran jangka panjang dan rujuan perusahaan serta pemakaian  cara-cara bertindak dan alokasi sumber2 daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

Uytherhoeven (1973) mengemukakan strategi perusahaan sebagai usaha pencapaian tujuan dengam memberikan arah dan keterikatan perusahaan.
Selanjutnya Christensen (1973) memberikan definisi strategi sebagai pola-pola bernagai tujuan  serta kebijaksanaan dasar dan rencana-rencana untuk pencapaian tujuan tersebut, dirumuskan sedemikian serupa sehingga  jelas usaha apa yang sedang dan akan dilaksanakan oleh perusahaan. Sedangkan memurit pendapat Glueck (1980) mendifinisikan strategi sebagai suatu kesatuan rencana yang komprehemsif dan terpadu yang menghubungkan keluatan strategi perusahaan dengan linhkungan yang dihadapi , kesemuanya menjamin agar tujuan perusahaam tercapai.

   Dari beberapa pendapat diatas bisa disimpulkan bahwa stratehi dan kebijakan bisnis merupakan aktivitas secara terpadu dan komprehensif yang mampu menyatukan berbagai arah usaha dan kegiatan untuk mencapai tujuan.

0 Response to "Pengertian Manajemen Strategi dan Kebijakan Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel