Perkembangan Teknologi Komunikasi Di Dunia

Perkembangan Teknologi Komunikasi - Komunikasi merupakan kebutuhan hidup manusia yang sangat penting. Kita tidak dapat berhubungan dengan orang lain di tempat yang jauh kalau tidak ada alat komunikasi. Berkomunikasi artinya menyampaikan maksud atau pesan kepada orang lain dan memahami maksud atau keinginan orang lain.Teknologi komunikasi berkembang dari yang sederhana ke teknologi yang modern.
Teknologi komunikasi masa lalu
Ada dua jenis alat komunikasi, yaitu alat komunikasi masa lalu (tradisional) dan alat komunikasi masa kini (modern).
1. Teknologi komunikasi masa lalu (tradisional)
2. Teknologi komunikasi masa kini (modern)
    Teknologi komunikasi masa lalu (tradisional) 
Pada masa lalu sudah terdapat alat komunikasi. Alat komunikasi yang dipakai masih sangat sederhana. Bentuk alat komunikasi masa lalu antara lain adalah sebagai berikut:
a. Kentongan
Kentungan yaitu alat komunikasi yang terbuat dari bambu atau kayu berongga.alat ini digunakan dengan cara dipukul dengan menggunakan sebuah alat dari kayu. Kentongan berfungsi sebagai sarana komunikasi diantara penduduk desa. Kentongan dipakai misalnya untuk:
  • Memanggil warga desa melakukan kerja bakti
  • Memanggil warga desa agar berkumpul dibalai desa
  • Memeberitahu warga kalau ada warga yang meninggal dunia
  • Memberitahu warga kalau terjadi bencana alam, misalnya banjir, gunung meletus, kebakaran dan lain sebagainya.
b. Gong
Bandhe yaitu alat komunikasi berbentuk bundar terbuat dari besi atau perunggu. Pada masa lalu bandhe digunakan oleh kerajaan untuk memanggil warganya.

c. Surat menggunakan daun
Surat atau tulisan pada masa lalu di tulis diatas daun lontar atau daun nipah. Selain daun, pada masa lalu sudah terdapat surat yang ditulis pada kulit binatang.

d. Kurir
Kurir adalah orang yang ditunjuk untuk membawa pesan khusus. Pesan khusus itu bisa dalam bentuk surat atau lisan. Isinya biasanya adalah pesan rahasia antarkerajaan.

e. Tali Pohon
Cara ini digunakan pada masa penjajahan. Seutas tali yang panjang dibentangkan dari satu pohon ke pohon lainnya. Tali itu menjadi alat komunikasi dari satu tempat pengintaian ke perkampungan. Di ujung tali diberi kaleng atau alat-alat bila ditarik akan mengeluarkan bunyi-bunyian. Bunyi-bunyian ini merupakan tanda bahaya bagi penduduk desa agar dapat berlindung ke tempat yang lebih aman.
    Teknologi komunikasi masa kini (modern) 
Pada masa kini, alat atau media komunikasi makin berkembang dan canggih. Beberapa media dan cara berkomunikasi masa kini diantaranya sebagai berikut :

a. Surat
Ada beberapa macam surat. Jika dilihat dari bentuk, isi, dan bahsanya, surat dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu:
  • Surat pribadi adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya menyangkut kepentingan pribadi. Misalnya antara orangtua dan anaknya yang pergi merantau.
  • Surat dinas atau surat resmi dibuat oleh kantor pemerintahan dari tingkat terendah sampai pemerintah pusat.
  • Surat niaga dibuat oleh para pelaku perdangan. Isi surat adalah soal jual beli barang-barang.
b. Surat kabar dan majalah
Surat kabar dan majalah memuat berita atau informasi mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi diberbagai tempat secara aktual. Selain itu surat kabar dan majalah dapat digunakan sebagai sarana menambah pengetahuan serta hiburan.

c. Telepon/handphone/smartphone
Pesawat telepon pertama kali ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876 di Amerika Serikat. Telepon adalah alat komunikasi jarak jauh. Cara menggunakannya cukup dengan menekan atau memutar nomor yang hendak kita tuju. Pesawat telepon mengalami perkembangan. Saat ini sudah banyak orang yang menggunakann telepon yang tidak berkabel yang dinamakan telepon genggam (handphone).

d. Radio
Radio pertama kali ditemukan oleh Guglielmo Marconi asal Bologna, Italia. Pada masa penjajhan dulu radio digunakan untuk mengobarkan semangat perjuangan. Sedangkan pada masa sekrang ini radio digunakan sebagai saran informasi dan hiburan.

e. Televisi
Kita dapat memperoleh berbagai informasi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri melalui tayangan televisi. Pasca dibangun Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD) Palapa, perluasan jaringan penyiaran televisi menjadi makin luas. Stasiun televisi telah dikembangkan oleh pemerintah maupun swasta.

f. Internet
Saat ini sudah ada media komunikasi yang sangat canggih. Media komunikasi tersebut dikenal dengan istilah internet. Peralatan yang digunakan untuk berkomunikasi melalui internet adalah komputer. Melalui internet kita dapat berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia. Kita juga dapat membaca berita, mengirim  atau menerima gambar, mengirim atau menerima surat melalui email, facebook, twitter, chatting dan sebagainya.

0 Response to "Perkembangan Teknologi Komunikasi Di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel